Senar Senja: Dialog Hujan, Siapa sih mereka?


Bicara Rindu

Bicara Haru

Luangkan ruang imajimu

Bernyanyi Merdu

Bernyanyi sendu

Bebaskan birunya hatimu

Tanpa kata

Tanpa nada

Rintik hujan pun menafsirkan kedamaian

Hanya rasa

Hanya prasangka

Yang terdengar di dalam……Dialog Hujan


 

One of my favourite song of all time….Liriknya indah, musiknya bikin tenang, the best pokoknya.

Kebetulan gue emang suka sama yang namanya ujan, bau debu jalanan yang disiram air ujan aja gue suka, bikin tenang. Apalagi kalo ujan sore-sore, terus langitnya jadi jingga kemerahan, itu momen terbaik dapetin inspirasi, momen terbaik nostalgia, momen terbaik untuk kangen orang ehe—kok jadi curhat.

Sebelum ngebahas tentang lagunya kita bahas dulu siapa sih Senar Senja itu?

senar_senja1

Aditya Sidhi(kiri) & Rebry Rufiandhy(kanan)

Senar Senja ini adalah sebuah grup musik duo yang digawangi—lu kira kiper?—oleh Febry Rufiandhy (vokal, gitar) & Aditya Sidhi (Gitar) yang terbentuk pada tahun 2010 sebagai band festival dan sering manggung dari kampus ke kampus. Namun baru tahun 2012 mereka secara official menggunakan nama panggung Senar Senja. Tapi ada kabar yang agak menyedihkan nih di tahun 2017 ini, Senar Senja mengumumkan bahwa salah satu personil mereka Aditya Sidhi mengundurkan diri dari Senar Senja dikarenakan adanya perbedaan visi misi antar keduanya. Namun penggemar Senar Senja gak perlu nangis tersedu-sedan karena walaupun ditinggal setengah dari jumlah personilnya—kan emang cuma dua!—Febry Rufiandhy memutuskan untuk meneruskan proyek musiknya dengan tetap menggunakan nama alias Senar Senja.

febry_senar_senja

Senar Senja a.k.a Febry Rufiandhy

Senar Senja sendiri sampai hari ini (29/04) udah menelurkan satu buah album yang berjudul Bersenjagurau, yang telah dirilis tahun 2015 lalu. Aditya Sidhi Sebelum memutuskan untuk hengkang pun masih sempat merilis single yang berjudul Savana pada tahun 2017 ini  bersama Senar Senja sebagai lagu perpisahannya.

Nah untuk salah satu lagu mereka yang paling gue suka ini, Dialog Hujan, ini menurut gue bisa diartikan secara harafiah maupun istilah. Disini kalo kita dengerin dengan seksama liriknya, tempo lagunya, petikan gitarnya, semuanya deh pokoknya, itu bisa ngebawa kita pergi ke pojok jendela gedung perpustakaan yang keadaan diluar lagi dingin-dingin ujan gitu. Terus semua orang, semua benda, semua hal di sekitar kita seakan berhenti beraktifitas dan fokus terhadap suara gemercik hujan yang bikin tenang. Menceritakan bagaimana hujan bisa berkomunikasi dengan setiap makhluk di bumi tanpa kata, tanpa nada, seakan-akan hanya sebuah dialog indah dari Tuhan yang disampaikan untuk manusia: “istirahatlah sejenak, dengarkan nada indahKu untuk kalian”. Seakan-akan disini hujan benar-benar berdialog dengan kita melalui suaranya, baunya, suasananya, mengatakan pada kita untuk berhenti sejenak dari lari panjang kehidupan. Hujan…oh…hujan, indah sekali dirimu. Sebesar apapun suaramu, sebesar apapun daya hancurmu, namun kau sumber hidup setiap makhluk di bumi. Walau kau bawa angin kencang bersamamu, walau kau bersama halilintar yang menakutkan, namun kau memberi pelangi ketika pergi. Adakah makhluk Tuhan yang lebih cinta terhadap makhluk di daratan bumi yang melebihi cintamu yang ikhlas pada kami?.

Oke, galaunya sampe situ aja. ehe.

Semoga Senar Senja akan terus menelurkan karya-karya yang berkualitas untuk para penggemar musiknya. Oh iya Official Lyrics Video dari single Savana udah bisa didengerin loh di channel youtube Senar Senja atau di soundcloud official Senar Senja (link cek di sini), and btw disitu Senar Senja feat Asteriska Widiantini guys!! Itu loh personil Barasuara yang lucu-lucu gemesin :”3 ehe. Silahkan menikmati suara merdu mantan pacar gue ya—ngarep.

Soo…gitu aja deh, ayo kita bangkitkan semangat musik Indie Indonesia.

Dan.

Hidup neng ASTERISKAA !!! wkwk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s