Rusa Militan: “Senandung Senja” Sebuah Lagu Romantis

Bandarlampung, Juni 2016

artworks-000039051624-cgt2aa-t500x500

Senandung Senja

waktu tergelincir sudah
tak hilang bayangan lembut jemarinya
menyeka deras air mata,
redakan isak tangisku.

canda nada ceritanya
tak luput dari telinga dan menggema
mengusik derai duka lara,
antarku melawan lelah

#

Tinggal kisah,yang tergores dan terujar di akal ku.
cukup kah lembaran cerita merekam kasih itu.

berpuluh kali musim lalu
tak pernah terdengar keluh dibibirnya
demi harapan yang diam di tepi
hingga nafas terhitung akhir.

#

Tinggal kisah,yang tergores dan terujar di akal ku.
cukup kah lembaran cerita merekam kasih itu.
mampukah berbait syair melantunkan rasa rindu.

Sebuah lagu paling romantis yang sangat menyentuh untuk orang-orang terkasih yang sudah meninggalkan alam dunia. Sebuah pendaman rasa rindu terdalam yang dituangkan oleh Rusa Militan untuk mengenang seseorang yang sangat berarti. “Senja” yang dapat diartikan sebagai akhir hidup ini, atau “waktu tergelincir sudah” dalam bait pertama yang menunjukkan waktu cahaya (ruh) di bumi sudah tenggelam (habis). Sebuah kerinduan yang amat sangat tercurahkan dalam syair-syair luar biasa pada lagu Senandung Senja.

“Dengerin lagu ini bisa bikin mewek” kata temen gue si ucul sambil nyodorin headset sebelah kirinya ke kuping kanan gue.

“Alah lebay, paling lagu galau cewe”

“Lah, dengerin dulu mangkanya. Dengerin bener-bener tapi ya. Hayati!” si ucul maksa

“Iyeeee”

“Gue play ya, nih pake headsetnya dua-duanya biar paham arti lagunya…atu, dua, tiga…..”

 

Dan sekali, dua kali, tiga kali…gue pun jatuh cinta dengan petikan gitarnya, empat kali gue dengerin baik-baik liriknya, lima kali gue mulai paham….tapi no..no..no jangan sekarang.

“cul…gw dengerin dirumah deh, belum dapet feel nya hahaha” gue ngeles

“Elaaah…sedih kan lo haha, awas mewek dirumah!” di tariknya headset dari kuping gue sambil jalan pulang

Malem nya gue dengerin lagu ini di kamar sendirian

Dan ini lagu paling gila yang pernah gue dengerin. Terbawa suasana, keinget bunda, nangis semaleman di dalem kamar.

“Anjrot si ucul..” gue sesenggukan “taik banget tu bocah…awas aja dia besok” sambil mewek sendirian. Untung aja gak ada cewe, kalo gak hancur imej gue nangis begini.

Makasih Rusa Militan udah ngebuat lagu yang bisa numpahin rasa rindu gue sama bunda. Ini lagu yang luar biasa artinya. Puitis kata-katanya. Karena syair terhebat kadang hanya ada dalam rasa dan gak bisa di tulis atau ucapkan dalam kata. Tapi Senandung Senja adalah rasa itu. Rasa rindu terhebat yang tertuang dalam sebuah lagu.

Leave a Reply

