Barasuara: “Taifun” Apasih Maksudnya?

Bandung, April 2016

humming-mad

Apasih yang menarik untuk dibahas dari salah satu Lagu sekaligus Album dari Barasuara ini: Taifun? Gatau juga sih apa, mungkin karena unik aja kali ya namanya.

Nah sebelum ngebahas Taifun, yok kita ngobrol soal Barasuara dulu biar afdol ye kaan..

Masih banyak nih yang bertanya-tanya apa sih sebenernya genre dari band indie yang namanya Barasuara ini? Walaupun dalam beberapa acara televisi maupun wawancara eksklusif mereka udah pernah ngejawab pertanyaan ini, cuman mungkin kalo-kalo masih ada yang belum liat dan sekarang males nge-cekin di youtube atu-atu, silahkan baca tulisan ini aja. Karena bakal gue jelasin dengan sangat singkat dan sangat mudah untuk dimengerti dengan menggunakan bahasa yang sangat sederhana―no ribettanpa perumpamaan-perumpamaan yang membingungkan.

Jadi Barasuara sih lebih simple-nya dibilang grup musik yang mengusung genre musik Rock.

Nah, udah gitu aja sih sebenernya.

Okeeee, sekarang yang bakal kita bahas itu, apasih maksud dari judul Lagu mereka yang namanya Taifun? Dan kenapa mereka memakai nama Taifun untuk mendeskripsikan Album mereka?

Tulisan ini murni hanya pendapat dan buah pikiran gue pribadi, jadi kalo emang dari Barasuara pribadi alasannya jauh dari tulisan ini yaudah anggep aja tulisan ini hanya setitik debu di gurun pasir yang kesapu angin Taifun #elaaah…

Oiya, sebelum jauh ngebahas Taifun, kita liat dulu liriknya biar makin ngerti apa maksud dari judul lagu ini. Berikut liriknya dari lagu Taifun karya Barasuara:


Taifun

“Di dalam hidup ada saat untuk berhati-hati atau berhenti berlari

Tawamu lepas dan tangis kau redam di dalam mimpi yang kau simpan sendiri

Sumpah serapah yang kau ucap tak kembali

Tak kembali

Semua harap yang terucap akan kembali

Akan kembali

Saat kau menerima dirimu dan berdamai dengan itu

Kau menari dengan waktu tanpa ragu yang membelenggu”


setelah ngebaca liriknya, untuk menganalisisnya pertama kita harus tau dulu nih Taifun itu apasih artinya kalo di KBBI alias Kamus Besar Bahasa Indonesia?. Jadi kalo menurut KBBI taifun adalah:

taifun/tai·fun/ n Met siklon tropis dari Filipina atau di Laut Cina Selatan

yang menarik adalah, ketika kita udah tau definisi sebenarnya dari taifun berdasarkan KBBI, itu malah ngebuat makin bingung. Apaan coba???? nah itu yang pertama terlintas di kepala gue waktu baca pendefinisian taifun diatas. Apakah Barasuara bermaksud ngasih nasihat ke orang-orang Filipina soal siklon tropis? Yang pasti sih bukan. Nah setelah ngalor ngidul nyari di web lainnya terus nanya-nanya sama ahli cuaca amatir depan rumah, sampe nanya ke dukun cuaca yang (katanya) bisa mindahin ujan, gue mendapatkan satu pemahaman tentang apa sebenarnya Taifun itu. Taifun dalam masyarakat Indonesia ternya udah sangat dikenal, bahkan sampe dijadiin judul sinetron tahun 90’an. Gak percaya? Terus baca sampe akhir!

Ternyata Taifun menurut mbah petok―dukun beranak kenalan waktu lagi beli rokok di warung samping rumah―itu adalah angin Topan. iya anging Topan, Tornado, Puting Beliung atau apapun namanya itu. Angin dengan daya hancur besar yang kerjaannya muter-muter sampe bikin rumah-rumah terbang kayak di dalem blender.

Nah, setelah tau apa arti Taifun sekarang kita harus bahas dulu pesan apa yang mau disampaikan oleh mereka dalam lirik lagu Taifun, jadi bisa kita analisis hubungannya dengan Taifun a.k.a. Angin Topan si Anak Jalanan―kan! bener kan judul sinetron!. Kalau menurut opini pribadi gue sih dari lirik lagu Taifun diatas, Barasuara itu seakan-akan mau memberi tahu kita kalau dalam hidup ini kita haruslah SABAR…Iya, mereka mengajak kita untuk bersabar dalam menjalani cobaan dan terus tersenyum menjalani kehidupan di kemudian hari, hingga semesta kembali mengizinkan kita untuk menari dan tertawa dalam bahagia dan berhasil terlepas dari setiap beban masalah. Dalam lirik diatas mereka juga mengajak kita untuk jangan pernah berhenti berharap untuk sebuah masa depan yang baik. Namun kunci dalam mencapai kebahagiaan itu adalah: menerima dengan sabar dan ikhlas setiap cobaan dan masalah yang kita hadapi saat ini. Juga mereka mengingatkan kepada kita bahwa disetiap masalah apapun yang menyebabkan kemarahan kita datang akan menyebabkan kata-kata yang keluar dari mulut kita terkadang tidak terkontrol, dan terucaplah segala macam umpatan dan sumpah serapah. Setiap umpatan dan sumpah serapah itu tidak akan pernah bisa ditarik kembali ketika sudah keluar dari mulut kita. Jadi setiap kesedihan dan kemarahan kita sebisa mungkin ditahan dan terus lah menjalani hidup dengan senyum dan harapan indah di kemudian hari. Barasuara juga dalam lagu Taifun mengajak kita untuk tidak terburu-buru akan suatu hal. Bahkan ketika masalah melanda bagai badai Taifun yang sangat besar, bila kita harus berhenti dan beristirahat maka beristirahatlah untuk sekedar menghela nafas demi memulai hari esok penuh semangat.

Terus apa hubungan makna lirik diatas dengan judul lagunya―Taifun?. Mereka mungkin menganalogikan sebuah masalah dalam cerita yang terjadi dalam lagu ini bagaikan badai Taifun―sejenis angin Topan atau Puting Beliung―yang sangat dahsyat sedang melanda kita, namun kita harus terus sabar dan ikhlas, serta tidak putus asa akan harapan-harapan baik yang kita gantungkan di masa depan.

Hal yang sama terjadi pada Album mereka, alasan mereka menggunakan Taifun sebagai nama album mungkin berdasarkan filosofi yang mereka gunakan. Dimana sebuah angin Taifun akan terus datang tanpa bisa diketahui kapan terjadinya seperti halnya masalah kita di dunia yang tidak akan pernah bisa kita hindari dan terus datang silih berganti, namun harapan akan selalu ada asalkan kita sabar dan tidak putus harapan.

Itulah opini gue tentang makna dari judul Lagu serta Album dari Barasuara yang sangat unik ini. Mudah-mudahan tulisan gak penting ini bisa menghibur yang ente-ente yang kurang kerjaan, juga mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan umum ente ente sekalian yang gak seberapa, walopun gak akan ditanya juga di UTS Kalkulus, apa lagi di akhirat―yakali.

Salam Lendir,

Ciao!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s