Menyajikan Kopi Menggunakan Classic Drip/Vietnam Drip

vietvietnam dripvietnamese-coffee-at-kin-holborn

Gue bukan seorang ahli, tapi disini gue mau sedikit sharing gimana cara penyajian kopi menggunakan Classic Drip/ Vietnam Drip.

Nah! Classic Drip atau yang banyak orang lebih kenal dengan nama Vietnam Drip itu merupakan sebuah alat untuk menyajikan kopi tanpa ampas yang udah digunakan oleh manusia sejak jaman baheula *sotoy. Pada masa sekarang sih Vietnam Drip ini lebih sering digunakan untuk menyajikan kopi espresso, intinya sih ya ini gunanya ngekstraksi kopi, jadi gak untuk buat espresso aja. Keunggulan dari Vietnam Drip ini sendiri di samping harganya yang udah saaangat terjangkau, ekstraksi kopi yang dihasilkan sangat nikmat dan aroma kopi masih kerasa sangat kuat.

Penyajian kopi dengan Vietnam Drip sendiri tergolong sangat gampang bro, tapi kalian harus kenali dulu bagian-bagian dari Vietnam Drip: Saringan bawah (berbentuk lempengan lebar), cangkir, tamper (saringan atas untuk menekan kopi), terakhir penutup *udah kayak skripsi haha.

Berikut cara penyajiannya:

  1. Letakkan saringan bawah dan cangkir dari Vietnam Drip diatas gelas
  2. Masukkin bubuk kopi yang ingin di ekstraksi ke Vietnam Drip (3 sendok teh untuk ngebuat one single shot espresso, 6 sendok teh untuk double espresso)
  3. Ratakan bubuk kopi lalu letakkan temper diatas nya
  4. Tuangkan air panas (disarankan air mendidih yang di masak secara manual untuk ngejaga aroma, jangan gunakan air panas dari dispenser ya!)
  5. Tutup Vietnam Drip terus biarin kopi netes dalam gelas sampai selesai
  6. Kopi siap disajikan

note: Di Vietnam sendiri biasanya sebelum diteteskan kopi, gelas dikasih susu kental manis didalamnya, kalo ini tentu aja balik lagi tergantung selera kita, mau pake susu apa enggak.

Untuk nyari Vietnam Drip ini juga gampang kok, karena udah dijual dibanyak tempat di Indonesia, bisa dicari di toko-toko yang ngejual kelengkapan rumah tangga gitu-gitu. Untuk harga sendiri dikisaran 30.00-40.000 rupiah, kalo harga naik jangan salahin gue haha. Nah gitu aja paling yak, kalo ada yang baca terus nambah ilmu pembaca ya Alhamdulillah, kalo gak ada yang baca bodo amat deh hahaha.

God Bless you all ! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s